Posted in Health & Nutrition

TAZKIYATUN NAFS AL GHAZALI (series 1)


A. Sejarah Hidup Imam Al Ghazali

Beliau seorang yang produktif menulis. karya ilmiah beliau sangat banyak sekali. di antara karyanya yang terkenal ialah ihya’ ulumuddin. kitab yang cukup terkenal dan menjadi salah satu rujukan sebagian kaum muslimin di indonesia. para ulama terdahulu telah berkomentar banyak tentang kitab ini, di antaranya:

abu bakar al thurthusi berkata,

dalam risalahnya kepada ibnu mudzaffar, beliau pun menyatakan, “adapun penjelasan anda tentang abu hamid, maka saya telah melihatnya dan mengajaknya berbicara. saya mendapatkan beliau seorang yang agung dari kalangan ulama. memiliki kecerdasan akal dan pemahaman. beliau telah menekuni ilmu sepanjang umurnya, bahkan hampir seluruh usianya. dia dapat memahami jalannya para ulama dan masuk ke dalam kancah para pejabat tinggi. kemudian beliau bertasawuf, menghijrahi ilmu dan ahlinya dan menekuni ilmu yang berkenaan dengan hati dan ahli ibadah serta was-was syaitan. sehingga beliau rusak dengan pemikiran filsafat dan al hallaj (pemikiran wihdatul wujud). mulai mencela ahli fikih dan ahli kalam. sungguh dia hampir tergelincir keluar dari agama ini. ketika menulis al ihya’ beliau mulai berbicara tentang ilmu ahwal dan rumus-rumus sufiyah, padahal belum mengenal betul dan tidak memiliki keahlian tentangnya. sehingga dia berbuat kesalahan fatal dan memenuhi kitabnya dengan hadits-hadits palsu.” imam adz dzahabi mengomentari perkataan ini dengan pernyataannya, “adapun di dalam kitab ihya’ terdapat sejumlah hadits-hadits yang batil dan terdapat kebaikan padanya, seandainya tidak ada adab dan tulisan serta zuhud secara jalannya ahli hikmah dan sufi yang menyimpang.” (adz dzahabi dalam siyar a’lam nubala 19/339-340).

B. Aqidah Dan Madzhab Beliau

Dalam masalah fikih, beliau seorang yang bermazhab syafi’i. Sedangkan dalam sisi akidah, beliau sudah terkenal dan masyhur sebagai seorang yang bermazhab asy’ariyah. banyak membela asy’ariyah dalam membantah bathiniyah, para filosof serta kelompok yang menyelisihi mazhabnya. bahkan termasuk salah satu pilar dalam mazhab tersebut. oleh karena itu beliau menamakan kitab aqidahnya yang terkenal dengan judul al iqtishad fil i’tiqad. Tetapi karya beliau dalam aqidah dan cara pengambilan dalilnya, hanyalah merupakan ringkasan dari karya tokoh ulama asy’ariyah sebelum beliau (pendahulunya). tidak memberikan sesuatu yang baru dalam mazhab asy’ariyah. beliau hanya memaparkan dalam bentuk baru dan cara yang cukup mudah. keterkenalan imam ghazali sebagai tokoh asy’ariyah juga dibarengi dengan kesufiannya. beliau menjadi patokan marhalah yang sangat penting menyatunya sufiyah ke dalam asy’ariyah.

Akan tetapi tasawuf apakah yang diyakini beliau? memang agak sulit menentukan tasawuf beliau. karena seringnya beliau membantah sesuatu, kemudian beliau jadikan sebagai aqidahnya. beliau mengingkari filsafat dalam kitab tahafut, tetapi beliau sendiri menekuni filsafat dan menyetujuinya.

ketika berbicara dengan asy’ariyah tampaklah sebagai seorang asy’ari tulen. ketika berbicara tasawuf, dia menjadi sufi. menunjukkan seringnya beliau berpindah-pindah dan tidak tetap dengan satu mazhab.

Penulis:

HR Practitioner II Trainer II Hypnotherapist II Penggiat Warung Kopi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s