Posted in Relationship

FUNGSI KELOMPOK TEMAN SEBAYA ReMAJa


Pada banyak remaja, bagaimana mereka dipandang oleh teman sebaya merupakan aspek yang terpenting dalam kehidupan mereka. Beberapa remaja akan melakukan apapun, agar dapat dimasukkan sebagai anggota. Untuk mereka dikucilkan berarti stress, fustasi, dan kesedihan.

Yang merupakan teman sebaya (peers) adalah anak – anak atau remaja dengan tingkat usia atau tingkat kedewasaan yang sama (santrock, 2003 : 219). Interaksi teman sebaya dengan usia yang sama memainkan peranan yang unik pada masyarakat amerika serikat. Perbedaan usia tetap akan terjadi walaupun pembagian kelas di sekolah tidak berdasarkan usia maupuan jika para remaja dibiarkan untuk menentukan sendiri komposisi dari lingkungan sosial mereka. Salah satu fungsi utama dari teman sebaya adalah untuk menyediakan berbagai informasi mengenai dunia di luar keluarga. Dari kelompok teman sebaya, remaja menerima umpan balik mengenai kemampuan mereka. Remaja belajar tentang apakah apayang mereka lakukan lebih baik, sama baiknya, atau bahkan lebih buruk dari apa yang akan dilakukan remaja lain.

Menurut barker dan wright (1951) anak – anak menghabiskan semakin banyak waktu dalam interaksi teman sebaya pada masa pertengahan anak – anak dan akhir masa anak – anak serta masa remaja.

Kelompok teman sebaya adalah lingkungan sosial pertama dimana remaja belajar untuk hidup bersama dengan orang lain yang bukan anggota keluarganya. ( mapiare, 1982:157). Hubungan temansebaya mempunyai pengaruh kuat yang tidak dapat diremehkan pada masa remaja. Mungkin tidak menjadi masalah jika pengaruh yang diberikan bernilai positif dalam arti nilai dan moral kelompok yang dianut bermanfaat seprti kelompok karang taruna, tapi jika nilai yang dianut bernilai negative maka akan membentuk pribadi remaja menjadi bermasalah.

Kelompok teman sebaya adalah lingkungan sosial pertama dimana remaja belajar untuk hidup bersama dengan orang lain yang bukan anggota keluarganya. ( mapiare, 1982:157). Hubungan teman sebaya mempunyai pengaruh kuat yang tidak dapat diremehkan pada masa remaja. Mungkin tidak menjadi masalah jika pengaruh yang diberikan bernilai positif dalam arti nilai dan moral kelompok yang dianut bermanfaat seprti kelompok karang taruna, tapi jika nilai yang dianut bernilai negative maka akan membentuk pribadi remaja menjadi bermasalah.



Penulis:

HR Practitioner II Trainer II Hypnotherapist II Penggiat Warung Kopi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s