Posted in Health & Nutrition

Beberapa ganguan kepribadian menurut DSM-IV


Beberapa ganguan kepribadian menurut DSM-IV dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu:

Kelompok A: Orang yang dianggap aneh atau eksentrik. Kelompok ini mencangkup gangguan kepribadian paranoid, schizoid, dan skizotipal.

Kelompok B:  Orang dengan prilaku yang terlalu dramatis, emosional, atau eratik (tidak menentu). Kelompok ini terdiri dari gangguan kepribadian anti social, ambang, histrionic, narsistik.

Kelompok C: Orang yang sering kali tampak cemas atau ketakutan. Kelompok ini mencangkup gangguan kepribadian menghindar, dependen, dan obsesif-kompulsif.

  • Gangguan Kepribadian Paranoid adalah prasaan curiga yang pervasive. Penderita paranoid personality disorder secara eksesif tidak mempercayai dan mencurigai orang lain tanpa sadar.
  • Gangguan Kepribadian Schizoid adalah gangguan kepribadian yang menunjukan pola melepaskan diri dari hubungan social dan ragam emosi yang terbatas dalam situasi-situasi interpersonal. Mereka tampak menyendiri, dingin, dan acuh tak acuh.
  • Gangguan Kepribadian Skizotipal adalah gangguan kepribadian yang penderitanya merasa terisolasi secara social, mereka berprilaku dengan cara yang tidak lazim bagi kebanyakan orang. Mereka cenderung curiga dan memiliki keyakinan-keyakinan yang aneh mulai dari cara mereka berhubungan dengan orang lain, cara berpikir dan prilakunya, bahkan cara berpakaiannya. Mereka memiliki ideas of reference, yang berarti mereka berpikir bahwa kejadian-kejadian yang tidak signifikan baginya berhubungan langsung dengan dirinya.
  • Gangguan Anti Social adalah secara persisten orang tersebut melakukan pelanggaran terhadap hak-hak orang lain dan sering melanggar hokum. Mereka mengabaikan norma dan konvensi social, inpulsif, serta gagal membina komitmen interpersonal dan pekerjaan.
  • Gangguan Kepribadian Ambang pada intinya gangguan ini mencangkup suatu pola pervasive dari ketidakstabilan dalam hubungan, self-image, dan mood, serta kurangnya control atas implus.
  • Gangguan Histrionic adalah gangguan kepribadian yang penderitanya cenderung mengekspresikan emosi-emosinya secara berlebih-lebihan atau terlalu di dramatis dan sering sekali tampak nyaris sedang berakting. Mereka juga cenderung congkak, self-centered, dan merasa tidak nyaman bila tidak menjadi pusat perhatian.
  • Gangguan Narsistik narkissos adalah seorang pemuda tampan yang, menurut metologi Yunani, jatuh cinta pada banyangannya sendiri karena self-love nya yang berlebihan, memiliki rasa bangga atau keyakinan yang berlebihan terhadap diri mereka sendiri dan kebutuhan yang ekstrem akan pemujaan.
  • Gangguan kepribadian menghindar adalah orang-orang yang ketakutan akan penolakan dan kritik sehimgga mereka pada umumnya tidak ingin memasuki hubungan tanpa adanya kepastian aka penerimaan. Mereka juga cenderung menghindari pekerjaan kelompok atau aktivitas rekreasi karena takut akan penolakan.
  • Gannguan kepribadian dependen adalah penggambaran dari orang yna memiliki kebutuha yang berlebiha yang di asuh oleh orang lain. Hal ini membuaat mereka menjadi sangat patuh dan melekat dalam hubungan mereka serta sangat takut akan perpisahan.
  • Gangguan obsesif-kompulsif, obsesif adalah pemikiran yang berulang-ulang atau terus menerus secara paksaan. Sedangkan kompulsif artinya tindakan yang terpaksa yang berulang-ulang atau terus-menerus yang tidak efektif karena tidak dilaksanakan berdasarkan rancangan terlebih dahulu. Obsesif-kompulsif meliputi derajat keteraturan yang berlebihan, kesempurnaan, ketakutan, kesulitan melakukan coping dengan ketidak pastian, kesulitan mengespreksikan perasaan, dan mendetail dalam kebiasaan kerja.

Penulis:

HR Practitioner II Trainer II Hypnotherapist II Penggiat Warung Kopi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s