Posted in Human Capital

Hardiness Part 1


Hardiness :
  1. Pengertian

Hardiness adalah suatu konstelasi karakteristik kepribadian yang membuat individu menjadi lebih kuat, tahan, stabil, dan optimis dalam menghadapi stres dan mengurangi efek negative yang dihadapi (Kobasa,1982)

Cotton (1990 dalam Widyarini,2010), lebih jelas lagi mengartikan Hardiness sebagai komitmen yang kuat terhadap diri sendiri, sehingga dapat menciptakan tingkah laku yang aktif terhadap lingkungan dan perasaan bermakna yang menetralkan efek negatif stres. Sementara Quick (1997 dalam Widyarini,2010), menyatakan ketabahan hati sebagai konstruksi kepribadian yang merefleksikan sebuah orientasi yang lebih optimistis terhadap hal-hal yang menyebabkan stres. Ini sesuai dengan pendapat Kobasa yang melihat ketabahan hati sebagai kecenderungan untuk mempersepsikan atau memandang peristiwa-peristiwa hidup yang potensial mendatangkan stres sebagai sesuatu yang tidak terlalu mengancam.

Kemampuan individu dalam menghadapi berbagai kejadian hidup yang menekan tidaklah sama, tetapi tergantung pada banyak hal, salah satunya adalah kepribadian. Ada tipe kepribadian tertentu yang mudah mengalami gangguan jika menghadapi peristiwa-peristiwa yang menekan dan menegangkan. Ada juga tipe kepribadian tertentu yang mempunyai daya tahan tinggi terhadap kejadian yang menegangkan. Tipe kepribadian yang mempunyai kemampuan dan daya tahan terhadap stres adalah hardiness atau hary personality yang merupakan gagasan konsep Kobasa (1979).

Kobasa (1982) mengemukakan bahwa hardiness merupakan konstelasi dari karakteristik kepribadian yang dapat membantu untuk melindungi individu dari pengaruh negative stres. Menurut kobasa individu yang memiliki hardiness tinggi mempunyai serangkaian sikap yang membuat tahan terhadap stres. Individu dengan kepribadian hardiness senang bekerja keras karena dapat menikmati pekerjaan yang dilakukan, senang membuat sesuatu keputusan dan melaksanakannya kerena memandang hidup ini sebagai sesuatu yang harus dimanfaatkan dan diisi agar mempunyai makna, dan individu yang hardiness sangat antusias menyongsong masa depan kerena perubahan-perubahan dalam kehidupan dianggap sebagai suatu tantangan dan sangat berguna untuk perkembangan hidupnya.

Kobasa (1979) menyatakan bahwa dalam Hardiness ini menunkjukkan adanya commitment, control, dan challenge. Secara teoritis gabungan dari ketiga aspek ini merupakan unidimensional dan bukan multidimensional dan merupakan faktor utama (Funk dan Houston, 1987). Namun dari beberapa studi ditemukan bahwa hubungan dari ketiga aspek ini bukan merupakan kesatuan dan ketiga aspek tersebut memiliki hubungan yang relative lemah (Funk dan Houston; hull, teuren dan Virnelli dalam Taylor, 1995).

Menurut Maddi dan Kobasa (Bisonnette, 1998) hardiness berkembang pada masa kanak-kanak secara cepat dan muncul sebagai akibat dari perubahan dan merupakan akibat dari pengalaman-pengalaman hidup. Dampak-dampak Kepribadian tahan banting pada kesehatan mental adalah menengahi penilaian kognitif individu pada situasi yang penuh stress dengan strategi penanganannya.

Hardiness juga diperlihatkan dengan mengasosiasikan semangat yang ada pada individu dengan strategi problem focused coping untuk mengatasi peristiwa-peristiwa yang penuh dengan stres. Dua mekanisme tersebut, termasuk upaya-upaya untuk mengurangi jumlah pengalaman psikologis yang penuh stres dan untuk mendukung terciptanya kepribadian yang sehat pada individu dalam waktu yang lama.


Penulis:

HR Practitioner II Trainer II Hypnotherapist II Penggiat Warung Kopi

35 thoughts on “Hardiness Part 1

  1. hai mau tanya dunk
    referensi buku tentang hardines judul ma pengarangnya coz gw lg cari bahan hardiness buat skripsi
    makasih

  2. salam, selain ref yang diatas, ada lagi ga tentang harsiness?? buat skripsi juga nih, makasi buannyaaaaaaaak…

      1. Bagaimana cara menghubunginya.. bantulah jurnalnya karena saya di medan sangat susah mendapatkan buku tentang hardiness

  3. tizar, buku Hardinessnya cuma karangan smet aja ya, cetakan pertama tahun 1994, ada buku yang terbarunya ? aku butuh buku lebih dari satu, aku minta jurnalnya boleh ngak ???

  4. ada nih buku psikologi kesehatan yang lain karangan lukaningsih dan bandiyah (2011) cuma pembahasan hardinessnya dikit banget, tapi ga papa lah buat nambah referensi buku di daftar pustaka…..

  5. aspek/dimensi2 dan faktor-faktor hardiness sama gak ??? soalnya di tinjauan pustaka udah Qu bikin aspek-aspek hardiness, pembimbingku minta tambahin sama faktor-faktor hardiness, udah nyari di beberapa jurnal n skripsi ngak ketemu. kalau ada ketemu tolong share ya

  6. maaf nanya. pertanyaannya sama seperti mba vivi.
    referensi buku tentang hardines judul sama pengarangnya diapa soalnya lg cari bahan hardiness buat skripsi.
    terimakasih.

    1. mohon maaf sebelumnya untuk referensi nya sudah hilang semua. kamu bisa cari referensi dari skripsi yang sudah ada kemudian kamu cari sumber aslinya. kalau saya dulu minta akun n pasword jurnal internasional dari perpustakaan kampus atau lembaga penelitian kampus. jadi jurnalnya banyak.

  7. maaf apakah saya boleh meminta referensi jurnal mengenai hardiness? saya sudah mencoba mengirim email namun gagal. terima kasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s