Posted in Carrier

Sebuah Renungan “Kenapa Kita Gagal, Dan Orang Lain Lebih Sukses…. “


 Apa yang Anda pikirkan akan membentuk kepercayaan anda, kepercayaan anda menentukan perasaan anda, perasaan anda menentukan apa yang anda lakukan dan apa yang anda lakukan akan menentukan apa yang anda dapatkan dan apa yang anda dapatkan akan menentukan masa depan anda. (Anonimous)

 

Banyak sekali orang yang kurang beruntung dalam hidup ini, mereka sering kali ditimpa nasib yang kurang baik. Dan banyak dari mereka yang hanya mengeluh dan menyalahkan lingkungan sekitar mereka, entah ekomoninya yang lagi resesi, presidennyalah, engkongnya lah, kakek buyutnya, ibu/bapaknyalah, bahkan menyalahkan Tuhannya, sungguh mengerikan. Mereka tidak menyadari akan sebuah system atau hukum alam yang mengatur alam semesta ini.

 

” Aku seperti apa yang disangkakan hamba-Ku, kepada-Ku.” (Hadits Qudsi).

Ya, betul. Allah mengikuti apa yang kita pikirkan tentang Dia. Apa pun persangkaan kita kepada Allah, Dia pasti mengikutinya. Kalo kita berfikir/focus pada hal yang negatif maka kita akan mendapatkan hal yang negatif dan juga sebaliknya. Padahal dalam firmannya Allah SWT bersabda dalam surah Al Mu’min ayat 60 :”Dan Tuhanmu berfirman,”Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan kukabulkan.” Fokus kita, Omongan kita dan fikiran kita itulah Doa kita. Pertannyaannya apakan kita sudah berfokus pada hal – hal positif(cita2 Kita)? Atau kita terfokus pada kemungkinan terburuk/hal2 negatif?

 

Oleh karena itu kalau Anda dalam keadaan susah silahkan Cek diri Anda apakah kita focus pada kejelekan atau hal2 baik? Apakah kita sudah berkata2 hal yang baik atau hal2 negatif?.

 

Yang juga perlu diperhatikan adalah apakah kita sudah berusaha merubah diri. Ibnu Ath-Tha’illah menjelaskan dalam kitab Al-Hikam : “ Bagaimana engkau menginginkan sesuatu yang luar biasa, padahal engkau sendiri tidak mengubah dirimu dari kebiasaanmu? Kita banyak meminta, banyak berharap kepada Allah, tapi sibuknya meminta kadang membuat kita tak sempat menilai diri sendiri. Padahal kalau kita meminta dan berakibat kita mengubah diri, maka Allah akan memberi apa yang kita minta. Karena sebenarnya doa itu adalah pengiring agar kita bisa mengubah diri kita. Jika kita tidak pernah mau mengubah diri kita menjadi lebih baik, maka tentu ada yang salah dengan permintaan kita.” Mari kita perhatikan firman Allah dalam surah Ar-Ra’du ayat 11 yaitu “…Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum mereka merubah nasib mereka sendiri…”

Penulis:

HR Practitioner II Trainer II Hypnotherapist II Penggiat Warung Kopi

3 thoughts on “Sebuah Renungan “Kenapa Kita Gagal, Dan Orang Lain Lebih Sukses…. “

  1. sebelum kita mengatakan bahwa orang lain salah maka kita lihat dulu apakah kita sendiri apakah sudah benar, karena terkadang kita sebagai manusia lebih mudah melihat kesalahan orang lain daripada melihat kesalahan diri sendiri

    1. sepakat sekali kawan….. seperti kalo ada guru sedang mengajarkan tafsir Al Qur’an. belum tentu si guru sudah mengamalkan semua yang ada di Al Qur’an tapi si guru juga berkaca dari apa yang dia ajarkan.. oyi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s