Hii 267699_apple-watch_663_382Hii Good People, Semangat Pagi semoga hari ini menyenangkan,

Sore gini kita enaknya bahas sesuatu yang menyenangkan saja dan ringan, kali ini kita akan sharing pemikiran tentang produk Apple terbaru Apple Watch, Pasti banyak yang bertanya2 kenapa tidak memakai nama iWatch? seperti yang sudah ditebak oleh banyak orang? nanti kita akan bahas ya. Sabar.

Apple Watch diluncurkan Bersama dengan kemunculan duet iPhone 6, Produk Apple ini termasuk “kategori produk baru”, yakni wearable device berbentuk jam tangan pintar.  Kemunculan jam tangan pintar Apple sepertinya berbeda dengan kemunculan produk lainnya. Prediksi banyak orang, produk tersebut akan dinamai iWatch namun ternyata menjadi Apple Watch.

Prefik ‘i’ memang telah mewarnai hampir seluruh produk Apple, bahkan menjadi merek dagang mereka. Mulai dari ponsel sampai tablet. Namun dalam peluncuran iPhone 6 lalu, yang bertema ‘Bab Baru Sejarah Apple’, CEO Apple Tim Cook sepakat untuk menyebut produk Apple sebagai Apple.

Banyak orang yang menduga-duga alasan kenapa Apple tidak memakai nama iWatch atau menghilangkan prefik “i”. ada yang menduga ini sebagai pembeda antara produk utama dan produk aksesoris. Orang sudah tahu bahwa jam tangan ini adalah aksesoris. seperti yang dikatakan oleh ahli Branding “Jam tangan ini lebih bisa dibilang sebagai aplikasi pendukung ketimbang produk yang berdiri sendiri. Mereka sedang meniti langkah yang berbeda dibanding apa yang telah mereka lakukan dalam 4 tahun belakangan,” kata Presiden Brand Keys, Robert Passikof, perusahaan konsultasi brand yang berbasis di New York, seperti dikutip IBN Live, Kamis 11 September 2014.

Namun, ada juga yang mengatakan untuk menghindari konflik karena ada produk yang sama yang dimiliki oleh perusahaan lainnya. Contohnya, di 2006 lalu, Apple TV sejatinya dinamai iTV namun ternyata perusahaan penyiaran di Inggris telah menggunakannya lebih dulu. Akhirnya pada 2007 nama iTV diganti menjadi Apple TV. Tiap orang punya pandangan masing-masing dan itu sah sah saja.

Namun, Saya pribadi memiliki pandangan yang lain. Mungkin Tim Cook ingin keluar dari bayang-bayang nama besar Steve Jobs sang pendiri dan yang membesarkan Apple. Memang Apple tidak bisa dilepaskan dari nama Steve Jobs. Hal itu bisa dilihat dari tempat peluncuran produk ini yaitu di Flint Center Avenue, di mana Jobs pernah memperkenalkan Macintosh puluhan tahun lalu. Namun Tim Cook mulai menghilangkan pengaruh dan bayang-bayang tersebut. karena sekarang dialah yang memegang kendali dan dia ingin nama Tim Cook muncul dan disandirngkan dengna nama Apple.

Oleh karena itu dia mulai perlahan-lahan menghilangkan dan mengganti pola yang ada di Apple. Namun hal itu tidak bisa langsung karena Apple adalah perusahaan yang sangat kompleks dengan ekosistemnya yang besar. jadi dia mulai merubahnya pelan-pelan. seperti judul peluncuran tersebut “Bab Baru Sejarah Apple”. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s